Saturday, December 28, 2013

Cerpen "Pergantian Usia"

Mungkin bagi sebagian orang, ulang tahun adalah sesuatu yang harus dirayakan besar-besaran. Pesta meriah, kue ulang tahun bertingkat-tingkat, tamu-tamu penting yang berdatangan, hingar-bingar musik yang berdentum dari speaker di tiap sudut pesta, serta kado-kado fantastis yang melimpah ruah.

Namun bagiku, ulang tahun adalah momen dimana kita harus menepi dari keramaian dan mulai merenung. Pertambahan usia menandakan bahwa umur kita di dunia ini semakin lama semakin berkurang, karena bagaimanapun juga tidak ada yang abadi di alam fana ini. Karena itu alangkah baiknya kita bersyukur pada Tuhan atas nikmat berupa kesempatan untuk hidup yang telah Ia berikan pada kita sampai detik ini, jangan lupa juga untuk mengintrospeksi diri atas segala kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat selama setahun belakangan ini.

Dibandingkan untuk menggelar pesta mewah, aku lebih suka menggunakan uang yang ku punya untuk disumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Bukannya aku pelit, namun bukankah berbagi kepada orang yang lebih berhak itu sangat bermakna?

Mungkin pola pikirku ini dipengaruhi oleh lingkungan keluargaku yang tidak secara spesial merayakan hari lahir tiap anggota keluarganya, bahkan mereka hanya secara tersirat memberikan ucapan selamat ulang tahun. Namun dari kesederhanaan itulah aku belajar untuk tidak berlebihan dalam merayakan pergantian usia.

No comments:

Post a Comment