Saturday, January 25, 2014

Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis → Business → Busy → Sibuk

Namun dalam istilah ekonomi, bisnis dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam menyediakan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat serta memperoleh keuntungan atau laba.


Pengertian Bisnis Menurut Pendapat Para Ahli

1. Tan Chwee Huat: Business is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
2. Griffin & Ebert: Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
3. Skinner: Bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat.
4. Glos, Steade, & Lowry: Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
5. Hughes & Kapoor: Bisnis ialah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.
6. Mahmud Machfoedz: Bisnis adalah usah perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
7. Kismono: Bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
8. Brown & Petrello: Bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
9. Steinford: Bisnis adalah seluruh aktivitas yang terlibat dalam penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh orang-orang.
10. Allan Afuah: Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
11. Musselman & Jackson: Bisnis ialah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.


Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.

Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:

1. Market Standing: Penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation: Inovasi dalam barang atau jasa serta inovasi keahlian, tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk.
3. Physical and Financial Resources: Perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager Performance and Development: Manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5. Worker Performance and Attitude: Untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6. Public Responsibility: Bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.


Tujuan Melakukan Bisnis

1. Profit (keuntungan / laba)
2. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
3. Pertumbuhan perusahaan
4. Tanggung jawab sosial
5. Memenuhi kebutuhan masyarakat
6. Menyediakan lapangan pekerjaan

Seluruh tujuan bisnis tersebut saling terkait, karena keuntungan perusahaan yang didapat dari memenuhi kebutuhan konsumen digunakan untuk mempertahankan hidup perusahaan dan menumbuhkembangkan perusahaan serta menjadi bukti tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat.


Lingkungan Bisnis
1. Internal: Memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis (Pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier, serikat pekerja, dll)
2. Eksternal: Memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis (Dunia internasional, ekonomi, sosial budaya, politik, dll)

Kegiatan yang Dilakukan dalam Bisnis

1. Produksi = Penciptaan barang atau jasa
2. Distribusi = Pemindahan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen
3. Konsumsi = Penggunaan barang atau jasa
4. Keuangan = Pencarian dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan
5. Pemasaran = Penyebaran informasi mengenai barang dan jasa yang dihasilkan serta mengidentifikasikan keinginan konsumen
6. Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) = Pencarian tenaga kerja untuk ditingkatkan kemampuannya



Sumber:
http://gebypixie.wordpress.com/2010/10/17/ruang-lingkup-bisnis/
http://yasintahening.wordpress.com/2012/10/17/bab-1ruang-lingkup-bisnis-bab-2-perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan/
http://safiram.wordpress.com/2012/10/08/ruang-lingkup-bisnis/
http://keyturns.wordpress.com/2012/11/13/ruang-lingkup-bisnis/
http://ardyeko.wordpress.com/2012/11/04/ruang-lingkup-bisnis/

No comments:

Post a Comment