Saturday, April 12, 2014

Tugas 2.3: PDB

I) Pengertian PDB

Dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP) adalah jumlah nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suat negara (domestik) selama satu tahun. Dalam perhitungan PDB ini, termasuk juga hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan / individu asing yang beroperasi di wilayah negara yang bersangkutan. Barang-barang yang dihasilkan termasuk barang modal yang belum diperhitungkan penyusutannya, karena jumlah yang didapatkan dari PNB dianggap bersifat bruto/kotor.

PDB berbeda dari Produk Nasional Bruto (PNB) karena memasukkan pendapatan faktor produksi dari luar negeri yang bekerja di negara tersebut, sehingga PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan apakah produksi itu dilakukan dengan memakai faktor produksi dalam negeri atau tidak.


II) Tipe-Tipe PDB

1. PDB dengan harga berlaku (Nominal), yaitu nilai barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam suatu tahun dinilai menurut harga yang berlaku pada tahun tersebut.

2. PDB dengan harga tetap (Riil), yaitu nilai barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam suatu tahun dinilai menurut harga yang berlaku pada suatu tahun tertentu dan seterusnya digunakan untuk menilai barang dan jasa yang dihasilkan pada tahun-tahun lain.


III) Metode Penghitungan PDB

1. Metode pengeluaran, menjumlahkan seluruh pengeluaran agregat pada seluruh barang dan jasa akhir yang diproduksi selama satu tahun.

Rumus untuk menghitung PDB dengan metode pengeluaran:

Y = C + I + G + (X - M)

Keterangan:

Y = PNB / Pendapatan Nasional
C = Consumption / Konsumsi Rumah Tangga
I = Investasi
G = Government / Pengeluaran Pemerintah
X = Ekspor
M = Impor

2. Metode pendapatan, menjumlahkan seluruh pendapatan agregat yang diterima selama satu tahun oleh mereka yang memproduksi output tersebut.

Rumus untuk menghitung PDB dengan metode pendapatan:

Y = w + i + r + p

Keterangan:

Y = PNB / Pendapatan Nasional
w = Wage / Gaji atau Upah
i = Interest / Bunga
r = Rent / Sewa
p = Profit / Laba atau Keuntungan


Secara teori, penghitungan PDB dengan metode pengeluaran dan pendapatan harus menghasilkan angka yang sama. Namun karena dalam praktek menghitung PDB dengan metode pendapatan sulit dilakukan, maka yang lebih sering digunakan adalah penghitungan dengan metode pengeluaran.



Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Produk_domestik_bruto
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendapatan_nasional
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/produk-domestik-bruto-pdbgross-domestic.html

No comments:

Post a Comment