Wednesday, October 30, 2013

Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Menurut Para Ahli

1. Melayu SP. Hasibuan: MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

2. Henry Simamora: MSDM ialah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus.

3. Achmad S. Rucky: Penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akuisisi, pendayagunaan, pengembangan, dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

4. Mutiara S. Panggabean: Proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembngan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. A.F. Stoner: Suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.


Pengertian MSDM

Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk menunjang aktivitas perusahaan sehingga tercapai tujuan yang telah ditentukan. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.

Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.

Bagian atau unit yang biasanya mengurus SDM suatu perusahaan adalah departemen sumber daya manusia atau Human Resource Department (HRD).


Fungsi MSDM

1. Perencanaan Tenaga Kerja: Usaha sadar dalam pengambilan keputusan yang telah diperhitungkan secara matang tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa depan dalam dan oleh suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dilakukan sebelumnya.
2. Recruitment: Proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang kosong.
3. Seleksi Tenaga Kerja: Proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada.
4. Pelatihan: Menurut pasal 1 ayat 9 UU No.13 Tahun 2003, pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan.
5. Pengembangan: Penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang Iebih tinggi dalam perusahaan.
6. Evaluasi Kinerja: Penilaian atas perencanaan, pengorganisasian atau pelaksanaan, pemantauan (monitoring), dan pengendalian perusahaan.
7. Kompensasi: Pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai balas jasa yang diberikannya kepada perusahaan, prinsip kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab.
8. Pengintegrasian: Kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.
9. Pemeliharaan: Kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta kerjasama yang panjang.
10. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK): Pengakhiran hubungan kerja antara seorang karyawan dengan organisasi perusahaan karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antar pekerja dan perusahaannya.


Tujuan MSDM

1. Tujuan Sosial: Agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.
2. Tujuan Organisasional: Sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.
3. Tujuan Fungsional: Tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sumber daya manusia pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
4. Tujuan Individual: Tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.


Model MSDM

1. Model Klerikal
2. Model Hukum
3. Model Finansial
4. Model Manajerial
5. Model Humanistik
6. Model Ilmu Perilaku


Pendekatan Dalam Menangani Masalah SDM

1. Pendekatan Mekanis
Dalam pendekatan mekanis, apabila ada permasalahan yang berhubungan dengan tenaga kerja, maka unsur manusia dalam organisasi disamakan dengan faktor produksi lain, sehingga pimpinan perusahaan cenderung menekan pekerja dengan upah yang minim sehingga biaya produksi rendah. Dengan hal ini maka di usahakan untuk memperoleh tenaga kerja yang murah, namun bisa di manfaatkan semaksimal mungkin dan memperoleh hasil yang lebih besar untuk kepentingan perusahaan.

2. Pendekatan Paternalisme
Pendekatan ini menganggap manajemen sebagai pelindung terhadap karyawan, perusahaan melakukan berbagai upaya agar para pekerja tidak mencari bantuan dari pihak lain.

3. Pendekatan Sistem Sosial
Pendekatan yang selalu memperhitungkan faktor-faktor lingkungan dalam pemecahan masalahnya. Setiap ada permasalahan, maka diusahakan diselesaikan dengan sebaik mungkin dengan resiko yang paling kecil, baik bagi pihak tenaga kerja maupun perusahaan.





Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia
http://nabillanm.blogspot.com/2013/04/manajemen-sumber-daya-manusia.html
http://hildaagustina.blogspot.com/2012/01/pengertian-manajemen-sumber-daya.html
http://richie-rap.blogspot.com/2013/01/konsep-dasar-manajemen-sumber-daya.html

No comments:

Post a Comment